Kegiatan penyuluhan hukum serentak dilakukan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam rangka "Mewujudkan Kemanfaatan Hukum yang berkePASTIan" serta memasuki era masyarakat ASEAN. 

Pendidikan hukum yang diberikan bagi masyarakat dalam bentuk penyuluhan hukum dilakukan dengan tujuan agar masyarakat menjadi cerdas hukum. Pelaksanaan kegiatan dengan tema "Membangun Masyarakat Cerdas Hukum" dilakukan di seluruh wilayah Indonesia yang melibatkan pemerintah daerah.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah, melaksanakan kegiatan penyuluhan hukum serentak di kota/kabupaten seluruh Jawa Tengah di seluruh Jawa Tengah dengan sasaran siswa siswi Sekolah Menengah Atas (SMA).

Balai Pemasyarakatan Kelas I Semarang selaku Unit PelaksanaTeknis ikut aktif terlibat dalam kegiatan penyuluhan hukum serentak yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 28 Januari 2016 di 3 (tiga) lokasi yaitu : SMA 6, SMA 8 dan SMA Kesatrian I Kota Semarang.

                                                           

                                                           

                                                          

Semarang (18/01/2016) Suasana BAPAS Kelas I Semarang pagi ini tampak sangat sibuk.Pegawai bahu membahu mempersiapkan penyelenggaraan acara Bimbingan Kemandirian Cuci Motor dan Launching Perdana Cuci Motor BAPAS Kelas I Semarang.Acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah serta kepala Unit Pelaksana Teknis Se Kerisidenan Semarang.

                 

Kegiatan Bimbingan Kemandirian Pencucian Sepeda Motor Klien Balai Pemasyarakatan Klas I Semarang diselenggarakan dengan tujuan :

  1. Untuk menambah keterampilan kerja bagi klien sehingga dapat menjadi bekal dalam mendapatkan pekerjaan guna meningkatkan sumber penghasilan dan kemandirian agar nantinya dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup dan meningkatkan kesejahteraan bagi keluarga klien.
  2. Untuk meningkatkan rasa percaya diri klien ketika mereka berada ditengah-tengah masyarakat karena mendapatkan penilain positif khususnya dari warga masyarakat dimana klien bertempat tinggal.
  3. Untuk menambah terbukanya kesempatan kerja yang lebih luas bagi klien setelah mereka mendapatkan bimbingan kemandirian.
  4. Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan kemandirian di BAPAS Klas I Semarang dalam melaksanakan bimbingan bagi kliennya
  5. Untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam melakukan bimbingan terhadap klien Pemasyarakatan BAPAS Klas I Semarang. 

 

                     

Dalam sambutannya Bapak Bambang Sumardiono, Bc.IP,SH,MSi Kepala Kantor Wilayah mengatakan bahwa beliau sangat menyetujui dan mendukung ide Kepala BAPAS Kelas I Semarang untuk menggandeng perusahaan-perusahaan yang merupakan bagian dari stake holder Pemasyarakatan untuk memberikan dukungannya dalam menylengarakan kegiatan Bimbingan Kemandirian Klien BAPAS. Seperti yang terjadi saat ini, BAPAS Kelas I Semarang bekerjasama dengan Bank Jateng KCP Simpang Lima dan CV Sabdo Luhur guna mengatasi hambatan dana dalam penyelenggaraan bimbingan kemandirian. Selain itu, beliau juga mendukung gagasan optimalisasi Petugas Pos BAPAS di Rutan/Lapas untuk membantu tugas PK BAPAS.Beliau menghimbau agar kegiatan seperti ini dapat berlanjut dan menjadi contoh UPT lainnya.Sebelum mengkahiri sambutannya, Bapak Kepala Kantor Wilayah juga memberikan apresiasinya kepada Klien BAPAS yang telah hadir meluangkan waktunya mengikuti Bimbingan Kemandirian.